Selasa, 16 Juni 2015

TASAWUF - Menjaga Tujuh Anggota Badan



Pokok Bahasan     :  TASAWUF
Judul                    :  Menjaga Tujuh Anggota Badan
Nara Sumber        :  Al Ustdz. Al Habib Umar bin Abdurrahman Assegaf


Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Hendaklah kamu berlaku adil dalam gembalaan kamu yang khusus ataupun yang umum dan jaga dengan sempurna dan memperhatikan mereka. Nantinya Alloh akan bertanya tentang hasil dari gembalaan/kepemimpinan kita, setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinannya.

Gembalaan yang khusus adalah 7 (tujuh) anggota badan kita, yaitu: Lisan, Pendengaran, Penglihatan, Perut, Kemaluan, Tangan dan Kaki.

Jaga betul kita punya lidah, jangan dilepas kita punya lidah. Malik bin Dinnar berkata: “Bila kita menyadari bahwa hati kita keras, lemah kita punya badan dan rezeki kita tertahan, maka ketahuilah oleh kamu bahwa itu sebab dari berbicara yang tidak perlu.”
Hasan bin Abi Syiban, lewat di suatu jalan ia melihat suatu bangunan yang tinggi. Ia bertanya sejak kapan bangunan ini di bangun? Kemudian ia tersadar bahwa ia telah mengucapkan kata-kata yang tidak perlu diucapkan, maka ia meng-hitob (menghukum) dirinya sendiri dengan berpuasa selama 1 (satu) tahun lamanya. Seorang ulama hanya sedikit bicara yang tidak perlu sudah menghukum ia punya diri dengan begitu beratnya, bagaimana dengan kita yang sering berbicara yang tidak perlu?  Jaga kita punya penglihatan dari melihat yang tidak perlu.

Kita jaga amanat yang Alloh titipkan dalam diri kita. Jaga jangan sampai bermaksiat kepada Alloh, tetapi gunakan untuk beribadah kepada Alloh. Tujuan Alloh menciptakan anggota badan yang tujuh adalah untuk kamu beribadah kepada-Nya. Ni’mat kamu yang terbesar adalah anggota kamu yang 7 (tujuh) dan cara mensyukurinya adalah dengan beribadah kepada Alloh. Jika kamu tidak gunakan 7 anggota badan itu untuk toat kepada Alloh, maka kamu tidak mensyukuri ni’mat yang Alloh berikan sehingga kamu dapat tergolong dalam kufur ni’mat.

Anadaikan Alloh tidak tundukkan atau berwatak untuk toat kepada kamu, maka niscaya anggota badan kamu yang 7 (tujuh) tersebut dapat kamu gunakan untuk bermaksiat kepada Alloh. Anggota badan yang tujuh apabila kita akan berbuat maksiat, maka ia akan berkata: “Ya Abdulloh (Ya Hamba Alloh), takutlah kamu kepada Alloh, jangan gunakan diriku untuk perbuatan yang Alloh murkai. Jika kamu tetap berbuat maksiat, maka angota badan yang tujuh akan menghadap kepada Alloh dan berkata: “Wahai Alloh aku telah mengingatkannya untuk tidak bermaksiat kepada-Mu, tetapi ia tetap melakukannya, maka aku tidak mau bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya.”


CATATAN:
Ini saja yang dapat al-faqir rangkum dari isi penjelasan ta’lim yang begitu luas yang disampaikan oleh Al Ustdz. Al Habib Umar bin Abdurrahman Assegaf. Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi dalam menuntut ilmu.
Kebenaran Mutlaq milik Alloh dan Segala Kekhilafan adalah dari pribadi Al-faqir sendiri. Segala kelebihan dan kekurangan yang Al-faqir sampaikan dalam ringkasan ini mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.
Karena keterbatasan ilmu yang Al-faqir miliki, maka Al-faqir tidak membuka forum Tanya Jawab dalam Blog ini.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya al-faqir haturkan kepada Syaidil Walid Al Ustdz Al Habib Umar bin Abdurrahman Assegaf yang telah memberikan izin kepada al-faqir untuk dapat menyebarluaskan isi ta’lim di Majlis Ta’lim AL KIFAHI AL TSAQAFY, dan tal lupa ucapan terima kasih al-faqir sampaikan untuk H. Aun Mustofa yang telah mengizinkan al-faqir untuk menggunakan fasilitas kantor untuk membuat ringkasan ta’lim ini. 
Afwan Al-faqir tidak mencantumkan nama kitab dan pengarang dalam setiap rangkuman yang al-faqir kirimkan, karena ada permintaan dari Al Ustdz untuk tidak mencantumkannya. Karena disamping mengunakan kitab utama, beliau juga mengunakan kitab-kitab lain sebagai referensi untuk memperjelas dalam menerangkan permasalahan yang ada dalam kitab utama yang dibaca, harap dapat di maklum, terima kasih. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Diterbitkan dalam rangka mengajak untuk menghadiri Majlis Ta’lim AL KIFAHI AL TSAQAFY. Kritik & Saran dapat disampaikan melalui E-mail:  hsn_5805@yahoo.co.id

Ingin mendapatkan kiriman ringkasan ta’lim secara rutin silahkan gabung di Facebook Group Majlis Ta’lim AL KIFAHI AL TSAQAFY: http://www.facebook.com/groups/alkifahi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar